Pages

Minggu, 03 November 2013

Pemahaman Komponen Hardware pada komputer

Pengertian Komponen  Hardware pada Komputer
     Hardware atau perangkat keras adalah suatu komponen dari sebuah komputer yang sifatnya bisa dilihat dan diiraba secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.
    Hardware dapat bekerja berdasarkan perintak yang telah ditentukan ada padanya, atau yangg juga disebut dengan istilah instruction set. Dengan adanya perintah yang dapat dimengerti oleh hardware tersebut. Maka hardware tersebut dapat melakukan berbagai kegiatan yang telah ditentukan oleh pemberi perintah.
   Komputer terdiri dari beberapa komponrn yang merupakan suatu sistem. Apabila salah satu komponen tidak berfungsi, akan mengakibatkan tidak berfungsinya proses-proses yang ada pada komputer dengan baik. Komponen komputer ini termasuk dalam kategori elemen hardware. Berdasarkan fungsinya hardware dibagi menjadi 5, yaitu:
1.       Input device (Unit Masukan)
2.       Process Device (Unit Pemrosesan)
3.       Output Device (Unit Keluaran)
4.       Backing Stroage (Unit Penyimpanan)
5.       Periferal (Unit Tambahan)

1.   Input Device (Unit Masukan)
      Input Device adalah ssemua perangkat atau alat pada komputer yang digunakan untuk memasukaan data kebagian pemproses data (Processor ) untuk diproses. Input Device berfungsi sebagai media untuk memasukan data dari luar kedalam suatu memori dan processor untukk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Jadi Input Device selain digunakan untuk memasukan data dapat pula digunakan untukk memassukaan program.
     Berdasarkan sifatnya, peralaataan input device dapat digolongkan menjadi 2, yaitu:
1.       Peralatan Input langsung , yaitu input yang dimasukan langsung diproses oleh alat pemroses.
2.       Peralatan Input tidak langsung, yaitu input yang melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses.





Beberapa hardware yang termaksud dalam Unit Masukan (Unit Device):
1.Keyboard
   Keyboard merupakan ubit input yang paling penting dalaam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard berfungsi memasukan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file.
2.Mouse
   Mouse adalah salah satu unit masukan atau unit device yang berfungsi sebagai alat untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat.
3.Touchpad
  Touchpad berfungsi sebagai pengganti mouse pada laptop.
4.Light Pen
   Light Pen adalah poiter elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan mendesign gambar dengan screen (monitor).
5.JoyStick dan Games Paddle
   JoyStick dan Games paddle  ini digunakaan sebagai alat bantu pada saat kita bermain game pada komputer.
  
2.   Process Device (Unit Pemrosesan)
    Unit pemprosesaan yang berada dalaam komputer adalah Central Processing Unit (CPU). CPU merupakan otak ataau pengatur suatu sistem yang mengolah sehingga menghasilkan informasi. Perangkat- perangkat alat pemrosesan adalah sebagai berikut:
a.Casting
   Casting adaalah kotaak pembungkus perangkat keras (hardware) didalam CPU agar terhindar dari kotoran dan sentuhan tangan.
b.Power Supplay
   Lower Supplay menyediakan arus listrik untuk berbagai peralatan CPU power supplay mengkonversi listrik dan menyediakan aliraan listrik dan menyediakan aliran tetap untuk digunakaan  komputer.


c.Motherboard
   Motherboard adalah papan rangkaiaan utama komputer untuk memasang processor, memory dan perangkat lainya.
d.Processor
   Processor adalah sebuah chip yang digunakan untuk pengolahan utama dan sebagai pusat pengendalian berbagai perangkat komputer lainya.
e. Memory
   Memory berfungsi sebagai alat yang mengolah data dan intruksi serta menyimpan informasi. Semakin besar kapasitas memory yang digunakan, maka semakin banyak data yang mampu disimpan.

3.   Output Device (Unit Keluaran)
Output Device berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemrosesan ataaupun pengelolahan data yang berasal dari CPU kedalam suatu media yang dapat  dibaca oleh manusia ataupun dapat digunakan untuk penyimpanan data hasil proses. Berikut perangkat Output Device:
1.Monitor
   Monitor merupakan salah satu jenis output device yang berfungsi untuk menampilkan data dan informasi yaang digunakan bagi para user(pengguna).
2.Printer
   Printer adalah sebuah alat yang digunakan untuk mencetak teks atau gambar kemedia kertas atau media lainnya.
3.Plotter
   Plotter digunakan untuk mencetak gambar dengan ukuran yang cukup besar, seperti gambar mesin dan kontruksi bangunan.
4.Speaker
   Speaker berfungsi memberikan informasi dalam bentuk suara.







4.   Backing Storage (Unit Penyimpanan)
    Backing Storage adalah  suatu wadah untuk penyimpanan data atau program pada komputer, atau sering disebut memory. Memory ini terdiri dari 2 macam yaitu RAM dan ROM.
-RAM (Random Access Memory) yaitu memori yang berfungsi untuk menyimpan program yang kita   olah untuk sementara waktu.
-ROM (Read Only Memory) sedangkan ROM yaitu memory yang hanya bisa dibaca saja, tidak padat dihapus, dirubah dan sudah diisi oleh pabrik pembuatan komputer tersebut.
   Dan ada beberapa perangkat sebagai media penyimpanan lainnya, antara lain:
a.Floppy Disk
    Floppy Disk ini adalah alat penyimpanan yang sudah mulai ditinggal kan karena kapasitas penyimpanannya yang kecil dibandingkan yang lain.
b.CD dan DVD
   CD adalah media penyimpanan yang portable ini dapat menyimpan sebuah data digital,video,audio dan data komputer sebesar 650MB. Sedangkan DVD kapasitas penyimpanannya lebih besar, mencapai 2,3 GB sampai 4,7 GB.
c.Harddisk
   Harddisk berfungsi  sebagai media penyimpanan pada komputer yang bersifat sekunder. Harddisk ini  memiliki kapasitas penyimpaanan yang lebih besar dibandingkan yang lainnya.
d.USB Flash Drive
   USB Flash Drive atau Flashdisk ini adalah media penyimpanaan yang saat ini paling sering digunakan karena mudah digunakan dan mudah dibawa kemana saja karena ukurannya yang kecil dan ringan. Flashdisk ini terhubung dengan USB yang terintegrasi.

5.   Periferal ( Unit Tambahan)
   Periferal adalah perangkat tambahan yang dipasang pada komputer untuk lebih mendayagunakan komputer. Perangkat ini digolongkan sebagai perangkat masukan, processor dan perangkat keluaran. Beberapa perangkat tambahan yang biasa digunakan, yaitu:
a.       Moden
       Moden (Modulator Demodulator) adalah alay yang digunakan untuk koneksi internet. Yaitu mengubah gelombang analog menjadi digital dari kabel telepon untuk keperluan koneksi internet.


b.      Music Card

       Musik Card ini untuk melengkapi komputer agar dapat terhubung dengan organ terutama yang mempunyai fasilitas MIDI (Music Instrument Device Interface) seperti Yamaha DX-7.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar